13 Cara Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Anda

Home / Gaya hidup / 13 Cara Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Anda
cara menurunkan kolesterol

Tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk mensintesis asam empedu, hormon, dan vitamin D. Kolesterol hanya berkontribusi untuk merusak kesehatan Anda ketika jumlahnya berlebihan. Kolesterol ekstra merupakan penyebab utama terserang penyakit kardiovaskular seperti hipertensi.

Memang benar bahwa tidak hanya pilihan makanan yang tidak sehat tetapi usia Anda juga meningkatkan kadar kolesterol Anda. Wanita di atas 45 atau setelah menopause dan pria setelah melewati 50 tahun sering mengalami kondisi kesehatan yang melemahkan ini.

Anda harus tahu bahwa tidak semua kolesterol merusak kesehatan Anda. Tapi itu adalah low-density lipoprotein (LDL) yang menakutkan ketika menempel di dinding arteri Anda. Di sisi lain, high-density lipoproteins (HDL) aman untuk kesehatan Anda dan berfungsi untuk menghilangkan kelebihan kolesterol dalam tubuh Anda.

Dengan bantuan perubahan pola makan dan gaya hidup, Anda dapat mengatasi masalah ini dalam rentang waktu singkat.


Cara Menurunkan Kolesterol

cara menurunkan kolesterol

Berikut ini rangkuman dari Nyubie.web.id mengenai cara menurunkan kolesterol secara alami dan sehat.

1. Batasi Konsumsi Lemak Trans

Anda mungkin menemukan makanan kemasan nyaman dengan berbagai cara. Makanan dalam kemasan mengandung lemak terhidrogenasi atau lemak trans yang meningkatkan masa hidup makanan. Selain itu, minyak nabati yang digunakan dalam sediaan sering dipadatkan secara artifisial yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar kolesterol. Masalah serius terjadi ketika komponen makanan kemasan mengurangi kadar HDL dan memengaruhi kesehatan jantung Anda.

2. Pilih Sterol dan Stanol Tumbuhan

Sterol dan stanol adalah zat seperti kolesterol yang banyak ditemukan pada tanaman. Belum lagi, berbagai kolesterol ini meningkatkan kesehatan jantung Anda. Itu terjadi karena kesamaan struktur mereka. Sterol dan stanol diserap di usus Anda seperti kolesterol asli. Zat ini menghambat penyerapan empedu juga. Karena itu, tubuh Anda membutuhkan kolesterol tambahan untuk menghasilkan jumlah empedu yang diperlukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda. Selain itu, stanol dan sterol tidak memengaruhi HDL dan membantu menurunkan kadar LDL dalam waktu singkat.

3. Kurangi Asupan Gula

Ahli gizi merekomendasikan bahwa makanan berlemak tidak hanya bertanggung jawab untuk meningkatkan kadar LDL dan gangguan jantung. Dalam kebanyakan kasus, asupan gula yang tinggi meningkatkan kolesterol dalam tubuh Anda. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa gula rafinasi mengandung kadar HDL minimum dan trigliserida maksimum. Trigliserida adalah jenis lemak dalam tubuh Anda yang, jika dikombinasikan dengan kadar HDL rendah, berkontribusi pada serangan jantung. Jika Anda mempertimbangkan pemanis rendah kalori dalam konteks ini, Anda harus tahu bahwa ini adalah jenis gula olahan yang menyebabkan kerusakan parah.

4. Gunakan Lemak Tak Jenuh

Lemak seperti tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal membantu mengurangi kelebihan kolesterol dalam darah Anda. Jadi, Anda bisa mengonsumsi sumber makanan yang dikemas dengan omega-3 seperti makanan penurun kolesterol. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi peradangan arteri dan pembekuan darah yang pada akhirnya menurunkan gejala yang berhubungan dengan penyakit jantung. Vegetarian dapat memperoleh omega-3 dari opsi seperti alpukat dan kacang-kacangan untuk mengontrol kadar kolesterol tinggi secara alami.

Baca juga: gejala kolesterol

5. Memasukkan Serat Larut Air

Salah satu cara efektif untuk menjaga kolesterol tetap pada jalurnya adalah dengan memilih serat yang larut. Serat-serat ini ketika bersumber dari tanaman, menyediakan hampir nol kalori dan kolesterol. Ketika Anda mengonsumsi serat larut, itu berubah menjadi zat seperti gel dan menutupi dinding usus.

Dengan cara ini, dinding usus Anda mencegah aliran darah dari penyerapan kolesterol dan lemak. Anda harus mengonsumsi porsi yang cukup dari oatmeal, barley , apel , beri , dan pisang untuk menuai serat larut.

6. Cobalah Cuka Sari Apel

Anda juga dapat mencoba pengobatan rumahan untuk menetralisir kadar LDL. Cukup campur 1 – 2 sendok makan cuka sari apel dengan satu cangkir air dan minum ramuan ini sebelum makan. Anda juga harus menaburkan sedikit cuka apel pada salad Anda untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Perlu dicatat bahwa cuka sari apel yang difermentasi meningkatkan jumlah antioksidan. Senyawa ini membantu mengurangi LDL dan trigliserida tanpa merusak kesehatan Anda dan meningkatkan HDL.

Namun, kadar kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan serius yang membutuhkan perawatan yang tepat. Jadi, jadwalkan janji temu dan pilih bantuan medis.

7. Hindari Makanan Kolesterol Tinggi

Sepertinya tidak ada yang menggoda seperti telur yang baru digoreng di pagi hari. Namun, kelezatan ini meningkatkan kolesterol makanan dengan cepat.

Sumber makanan seperti telur , lobster, susu murni , udang , daging merah, daging organ, dan produk susu mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi bersama dengan kolesterol.

Konsumsi makanan ini secara rutin meningkatkan LDL dan HDL. Jika Anda seorang penderita LDL tinggi, Anda perlu membatasi asupan makanan yang mengandung kolesterol untuk menyeimbangkan kadar kolesterol.

8. Coba Minyak Ikan

Suplemen seperti minyak ikan diperkaya dengan asam lemak omega-3. Ahli gizi menyatakan bahwa mengonsumsi empat gram minyak ikan setiap hari dapat menurunkan jumlah lemak yang signifikan dalam darah Anda. Jika Anda meningkatkan asupan hingga enam gram, itu meningkatkan kadar HDL.

9. Batasi Asupan Alkohol

Minuman beralkohol mengandung etanol – senyawa yang meningkatkan HDL menurunkan risiko yang terkait dengan penyakit jantung. Namun, konsumsi alkohol yang berlebihan berkontribusi pada kadar LDL yang tinggi. Pesta minum minuman beralkohol merusak kesehatan Anda dengan berbagai cara. Anda perlu memilih pendekatan moderat dalam konteks ini. Jadi, hindari mengonsumsi lebih dari 24 gram alkohol.

10. Gabungkan Latihan dalam Rutin Anda

Olahraga dapat menjadi solusi akhir untuk kadar kolesterol tinggi. Ini menawarkan banyak manfaat kesehatan termasuk jantung yang sehat. Ahli kebugaran mengungkapkan bahwa aktivitas fisik yang mengambil detak jantung hingga 85% adalah yang terbaik untuk meningkatkan HDL. Anda juga dapat mencoba jalan cepat dan jogging untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dalam rentang waktu singkat. Jenis latihan seperti aerobik tidak hanya menyeimbangkan kolesterol tetapi juga menjaga hati dan meningkatkan umur.

11. Berhenti Merokok

Merokok adalah pintu gerbang ke berbagai penyakit kronis. Merokok juga berkontribusi terhadap beberapa gangguan kardiovaskular. Ini terjadi ketika sel-sel kekebalan tubuh dari perokok menjadi tidak mampu mengangkut kolesterol ke hati. Kerusakan sel-sel kekebalan ini terjadi karena tembakau dan tar. Kerusakan sel-sel kekebalan juga terhubung ke arteri yang tersumbat.

12. Hindari Stres

Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa stres meningkatkan produksi kolesterol di hati Anda untuk mensintesis kortisol – hormon stres. Anda harus mengadopsi hobi yang menarik untuk menghilangkan kondisi stres.

13. Kelola Berat

Seseorang yang obesitas rentan terhadap kadar kolesterol tinggi. Mempertahankan berat badan yang sehat dimungkinkan dengan memperhatikan apa yang Anda konsumsi. Ganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Dengan cara ini, Anda dapat mengontrol kadar kolesterol dan berat badan secara bersamaan.


Intinya

Cara alami efektif dan membantu menyeimbangkan kadar kolesterol. Namun, mengenai parahnya kondisi kesehatan ini, Anda harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Boleh copy paste asalkan mencantumkan sumber, terima kasih

Cara Menurunkan Kolesterol | Obat Kolesterol

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published.